onehearth
logo
Sabtu, 28 Jul 2018 11:19

Mengenal Warna Bendera Marshal di Lintasan Balap

Mengenal Warna Bendera Marshal di Lintasan Balap
Bendera yang dikibarkan marshal/petugas di lintasan balap sepeda motor dapat diibaratkan sebagai rambu-rambu lalu lintas di jalan raya.
 
Melalui kibaran bendera marshal ini otoritas balap memberikan informasi kepada para pembalap yang sedang memacu sepeda motornya di lintasan.
 
Sehingga tak mengherankan jika terdapat berbagai warna bendera marshal yang masing-masing memiliki arti. Berikut ini adalah warna bendera marshal beserta artinya bagi pembalap.
 
Bendera marshal warna Hitam menandakan bahwa seorang rider dengan nomor start tertentu didiskualifikasi dari jalannya sebuah balapan.
 
Biasanya bendera ini dikibarkan karena seorang rider melakukan kesalahan fatal dan/atau membahayakan keselamatan rider lainnya.
 
Bendera marshal warna Merah memiliki arti bahwa sebuah race / balapan dihentikan karena alasan tertentu yang sangat kuat.
 
Biasanya disebabkan oleh suatu hal yang tidak diinginkan dan menjadi bahaya bagi pembalap lain. Alasan yang menyebabkan sebuah race bisa dihentikan bisa bersifat teknis ataupun non teknis.
 
Bendera marshal warna Putih menandakan bahwa kondisi cuaca di lintasan / sirkuit mengalami perubahan.
 
Hal ini juga menjadi pertanda bahwa pembalap diperbolehkan untuk mengganti sepeda motornya dengan settingan yang sesuai dengan kondisi cuaca.
 
Bendera marshal warna Biru berfungsi untuk memberi tahu kepada rider yang akan dioverlap agar keluar dari racing line dan memberikan jalan kepada rider di barisan depan.
 
Bendera marshal warna Kuning merupakan sebuah peringatan bagi para pembalap. Jika dikibarkan sebelum start, maka balapan akan ditunda.
 
Sedangkan jika bendera berwarna kuning ini dikibarkan saat balapan berlangsung, artinya ada sebuah insiden yang terjadi di depan dan pembalap harus berhati-hati serta bersiap untuk berhenti (jika diperlukan).
 
Bendera marshal warna Hijau memiliki arti bahwa lintasan dalam kondisi aman dan siap digunakan.
 
Bendera ini biasa dikibarkan saat free practice  dan warm up.
 
Bendera marshal warna hitam-putih (kotak-kotak) menandakan bahwa sebuah balapan telah usai.
 
Itulah tadi warna-warna bendera marshal yang menjadi bahasa universal di lintasan balap.
 
Sangat penting bagi setiap pembalap untuk memahami arti masing-masing warna tersebut demi terciptanya iklim balapan yang aman, nyaman, dan kompetitif.
 
Foto : Crash.net

Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm