onehearth
logo
Jumat, 26 Jun 2020 13:49

Honda CBR1000RR-R 2020, Bukan Motor Jalanan Biasa

Honda CBR1000RR-R 2020, Bukan Motor Jalanan Biasa

 

Honda CBR1000RR-R 2020 telah tampil perdana dalam ajang EICMA 2019 di Milan Italia November lalu. Superbike Honda ini hadir dengan sejumlah upgrade pada mesin hingga elektroniknya.

Motor ini menggandalkan mesin 999.9cc empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga hingga 215bhp. Mesin CBR ini memiliki bore dan stroke 81 x 48.5mm yang sama dengan RC213V-S, sedangkan pada Fireblade lama adalah 76 x 55mm.

Juara Dunia MotoGP 2019 Marc Marquez cukup kaget setelah menjajal versi SP saat pengujian di jalanan. "Kesan pertama saya adalah power, saya hanya berpikir, 'wow, ini motor jalanan?' karena bahkan di sirkuit Anda dapat benar-benar merasakan kekuatannya, "kata Marquez.

"Tetapi hal berikutnya yang saya perhatikan adalah sebagai motor jalanan dengan ban jalanan, stabilitas saat menikung luar biasa. Mungkin itu adalah bagian aerodinamis baru, tetapi meskipun ada power di sana, stabilitasnya mengesankan."

Dari desain, jelas tampak makin agresif, tajam dan terkesan kencang. Pada fairingnya sudah disematkan build in winglet mirip RC213V di MotoGP.

Bukan cuma fairing yang terinspirasi dari MotoGP, rangkanya juga baru. Paling jelas mirip RC213V tunggangan Marc Marquez adalah bentuk swing arm barunya.

Dimensi lengan ayun ini sedikit lebih panjang dari versi sebelumnya, total menjadi 622,7 mm dengan bobot sama ringannya.

Detail suspensi belakang pun berubah, bracket sokbreker belakang di bagian atas langsung menempel ke mesin tepatnya di crank case.

Untuk suspensi, CBR1000RR-R FireBlade tipe SP dijejali suspensi semiaktif Ohlins Electronic Control (S-EC). Untuk suspensi depan Ohlins tipe NPX S-EC dan belakang tipe TTX-36 S-EC.

Sedang di versi standar pakai suspensi dari Showa. Dan warna sokbreker upside down-nya tetap hitam.


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm