onehearth
logo
Senin, 26 Mar 2018 07:38

Tips Dapatkan Tekanan Angin Ban Ideal

Tips Dapatkan Tekanan Angin Ban Ideal

Ban tak hanya berfungsi sebagai media bergeraknya motor diatas jalanan, lebih jauh ban juga berfungsi sebagai penunjang kenyamanan dan juga keselamatan, kali ini akan dibahas apa hubungannya tekanan angin ban dengan kenyamanan berkendara.

Tekanan angin didalam ban baik itu tubeless (tanpa ban dalam) ataupun tube type (dengan ban dalam) menunjang sisi kenyamanan berkendara, karena ukuran tekanan angin ban telah direkomendasi oleh pabrikan ban yang mengukur dari berbagai aspek mulai dari ban karakter ban itu sendiri sampai dengan kondisi jalanan dan bobot pengendara.

Untuk kenyamanan terbaik, ikutilah petunjuk yang sudah ditetapkan pabrikan motor mengenai tekanan angin ban, ukuran yang ditetapkan pabrikan boleh disesuaikan sedikit sesuai bobot pengendara dan jalan yang sering dilalui, dengan menambah atau mengurangi tekanan dengan toleransi sampai 3 psi, jika lebih dari angka tersebut, tak hanya sisi kenyamanan yang dikorbankan, tapi juga aspek keselamatan berkendara akan berkurang.

Semakin tinggi tekanan ban maka semakin sedikit kontak ban dengan aspal, pada jalanan mulus hal ini membuat pengendalian lebih ringan itu terjadi karena semakin sedikit bidang pada tapak ban yang melekat di aspal, kekurangannya tentu grip ban yang berkurang. Penambahan tekanan angin ban belakang sebaiknya dilakukan ketika motor mendapatkan beban lebih (berboncengan).

Sebaliknya, jika tekanan ban terlalu rendah maka pengendalian motor akan terasa lebih berat karena kontak yang diterima ban menjadi lebih banyak, pada jalanan bergelombang hal ini bisa menguntungkan karena ban lebih lentur mengikuti permukaan jalan, getaran karena jalan bergelombang dapat diredam, sehingga benturan ban pada permukaan jalan yang tidak rata tidak akan langsung diterima bibir pelek yang bisa membuatnya bengkok. Begitupun ketika dalam kondisi hujan, dengan kontak ban pada aspal yang lebih banyak maka grip yang dihasilkan menjadi lebih baik.


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm