onehearth
logo
Jumat, 16 Apr 2021 07:37

Safety Riding Skill with CBR 250 RR Bali, Ngerem dan Nikung Ada Etikanya Lho!

Safety Riding Skill with CBR 250 RR Bali, Ngerem dan Nikung Ada Etikanya Lho!

Astra Motor Bali mengajak Komunitas CBR 250 RR Bali belajar dasar berkendara sepeda motor yang aman. Bertempat di Gudang Astra Motor Megati tentunya dengan protokol kesehatan yang berlaku, para peserta yang sebagian besar pengguna cbr 250 rr diberikan penyegaran dan dasar-dasar berkendara yang aman di jalan. Dalam materi yang disampaikan oleh instruktur I Gusti Ngurah Iswahyudi dengan instruktur Yosepth Klaudius Lisias, dasar-dasar berkendara seperti dasar pengereman, dan dasar menikung perlu diingatkan terus menerus ke peserta. Seperti apasih dasar-dasarnya? 

 

 

Dasar pengereman

1. Ingat prinsip mengerem adalah mengurangi laju kendaraan bukan berhenti secara instan, jadi operasikan pengereman depan dibantu rem belakang dengan menutup grip gas, menarik tuas rem depan dengan 4 jari secara lembut semakin lama semakin kuat. Jika mendadak menarik tuas rem depan secara kuat, sepeda motor akan selip dan terjadi kecelakaan. 

2. Saat mengerem jangan menarik tuas kopling karena akan mengakibatkan motor los power dan meluncur semakin cepat, cukup tutup gas dan fokus di pengereman. 

3. Ketika motor hendak berhenti baru menarik tuas kopling dan menurunkan kaki kiri saat berhenti karena kaki kanan masih terfokus di pengereman. 

 

Dasar menikung

1.saat masuk tikungan, kurang kecepatan dahulu. Misal tikungan tersebut maksimal 60kmh, kita masuk tikungan 40 kmh. 

2. Saat menikung, badan mengikuti kemiringan sepeda motor, kepala tetap tegak lurus sejajar jalan dengan mata tertuju ke arah ujung tikungan, posisi tangan tergantung arah tikungan, jika nikung ke kiri lengan kanan lurus dan lengan kiri menekuk rileks, begitu pula sebaliknya. Dan ingat Semeton! Jari jangan standby di tuas rem depan karena berbahaya jika refleks bisa mengerem depan dan motor akan selip. Pastikan kecepatan konstan saat berada di tikungan.

3. Lepas tikungan Semeton bisa menambah kecepatan dan tetap mata tertuju kedepan melihat situasi jalan. 

Dasar – dasar tersebut berlaku untuk segala macam motor Honda Semeton , untuk matik hanya berbeda di system pengeremannya saja, dasar –dasar ini harus dipahami Semeton agar selalu Cari_aman saat berkendara

~jp


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm