onehearth
logo
Senin, 31 May 2021 20:40

MENGULIK REGENERASI HONDA CBR INDONESIA

MENGULIK REGENERASI HONDA CBR INDONESIA

Selain segmen skutik, model-model sport fairing juga mendapat perhatian khusus. Selama dua tahun belakangan PT Astra Honda Motor fokus dalam agenda regenerasi spesies sport fairing milik mereka. Hampir semua jajaran CBR Series diperbaharui. Dibuat makin optimal dari segi performa sekaligus tampilan yang gres. Anda penggemar motor sport dipastikan akan mendapat update yang signifikan. Apa saja spesiesnya?

 

CBR150R

Mulai dari seri terkecil saja, Honda merevisi banyak bagian CBR150R. Berubah signifikan dari generasi lalu, ikut membawa jargon total control seperti kakaknya. Dari segi wujud pun, kini diseragamkan dengan seri seperempat liter. Tentunya disertakan perangkat keras semakin mumpuni.

 

Untuk seri termurah CBR150R Non-ABS dibanderol Rp 35,9 juta OTR Jakarta – Rp 36,6 juta OTR Jakarta. Sementara seri CBR ABS dibanderol Rp 39,9 juta – Rp 40,8 juta OTR Jakarta. Selisih kenaikan dari generasi sebelum sejatinya tak begitu besar. Padahal ia mendapat serangkai komponen baru nan fungsional.

 

Misal kaki-kaki. Dulu CBR tak mampu bicara banyak. Forknya masih teleskopik, belum lagi tak punya amunisi untuk menjawab sistem transmisi kompetitor. Untungnya kedua variabel direvisi. Struktur diamond milik CBR, di generasi baru berpadu fork inverted dengan diameter tabung 37 mm. Tentunya berkelir emas di bagian pipa atas. Ini bukan soal penampilan saja. Melainkan bakal memberi dampak pada rasa pengendalian di lapangan. Mestinya shockjenis begini lebih rigid dan mampu memberi respons kendali maksimal. Relevan dengan jenis sport fairing.

 

Honda bebenah diri pula di sektor transmisi. Mereka memasang perangkat assist dan slipper clutch di dalam girboks enam percepatan manual. Hasilnya, beban lever clutch berkurang sampai 15 persen. Dan paling penting gejala selip gigi dan efek engine brake berlebihan bisa tereduksi. Sebagai gambaran, ketika downshift dari putaran tinggi mekanisme slipper clutch segera meminimalisir efek ban belakang mengunci. Aman.

 

Namun memang mesin masih sama, 149,16 cc DOHC 4-katup dengan pendingin cairan serta fan otomatis. Ini persis dengan yang lama, hingga ke ukuran bore dan stroke (57,3 mm x 57,8 mm). Tentunya beserta mekanisme injeksi elektronik, atau disebut Honda PGM-FI. Sayang jika ada yang berharap CBR meningkatkan output, perlu bersabar. Catatan atas kertas sama persis: 16,8 Hp/ 9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm/7.

CBR250RR

Kelas berikutnya di seperempat liter juga ikut ditransformasi. Walau muka tak begitu berubah dari generasi lama, Honda CBR250RR saat ini punya diferensiasi besar. Ia dibagi dalam tiga varian utama. Bukan hanya beda kelengkapan fitur atau perangkat pengaman. Bahkan ada diferensiasi dapur pacu. Ya, kehadiran seri SP Quick Shifter kemarin ikut merevisi jantung. Alhasil beredar dua jenis mesin meski tak berubah wujud.

 

Seri STD seharga Rp 61,6 juta – Rp 66,1 juta OTR Jakarta, masih sama dengan generasi lama. Ia menggendong mesin paralel twin injeksi, 249,7 cc delapan katup. Mengail tenaga sebesar 38,1 hp/ 12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm/ 11.000 rpm. Untuk terjemahan ke roda belakang masih memakai transmisi manual 6-speed konvensional. Tidak ada slipper clutch, apalagi quick shifter.

 

Namun perihal kecanggihan lain sama saja. CBR sudah lama mengadopsi sistem throttle-by-wire, yang tak satupun kompetitor memilikinya. Baik Yamaha R25 atau Kawasaki Ninja 250 dua silinder masih mengandalkan tuas gas konvensional.

 

Karenanya CBR bisa memiliki mode mengendara. Karakter dan respons tenaga bisa disesuaikan dalam tiga tahap. Paling santai Comfort, Sport untuk gaya berkendara moderat, sementara Sport Plus paling agresif. Cara menggantinya mudah. Cukup dengan menekan tombol di belakang saklar kiri, ECU langsung membaca pesan itu. Tapi jangan lupa, tiap perpindahan perlu menutup gas lebih dulu.

 

Area kaki-kaki boleh dibilang juga optimal. Di depan sudah memakai fork upside down berdiameter besar. Sementara belakangnya ditopang monoshock yang bisa disetel, dipadukan swing arm berbahan aluminium. Bicara kelengkapan lain, di dalam panel instrumen bisa dibilang menyajikan informasi komplet.

 

Lanjut ke seri SP, seharga Rp 72,7 – Rp 73,3 juta OTR Jakarta, bakal terlihat banyak perbedaan. Ia merupakan generasi baru CBR250RR yang punya mesin dan teknologi sama dengan seri Quick Shifter. Bedanya cuma satu, tanpa elektronik pemindah gigi cepat.

 

Jeroan mesin banyak revisi. Bagian atas piston, atau disebut dom diubah. Karena itu kompresinya naik jadi 12:1, sebelumnya 11,5:1. Berbeda lagi di bagian bawah piston, justru dikurangi supaya meminimalisir gesekan. Area bawah silinder juga dicoak, sehingga saat langkahnya memompa tekanan terbuang ke samping dan makin bagus. Komponen-komponen tadi baru yang utama. Di samping itu, pendukungnya ikut kena revisi. Mulai dari crankshaft, pin piston, serta per klep disesuaikan guna mengoptimalisasi kinerja piston baru.

 

Maka dari itu ekstraksi mesin 250 cc DOHC dua silinder segaris tereskalasi. Outputnya menjadi 40,2 Hp keluar di 13.000 rpm, naik 2 Hp dari sebelumnya 38,2 Hp/12.500 rpm. Torsinya pun terdongkrak jadi 25 Nm pada 11.000 rpm, alias meningkat 1,7 Nm. Translasi tenaga tadi diklaim membuat CBR bisa menuntaskan jarak 0-200 meter dalam 8,65 detik. Sementara kecepatan puncak disebut menyentuh 172 kpj.

 

Barulah masuk area girboks. Transmisi manual enam percepatan lama sebetulnya masih dipertahankan. Platformnya kurang lebih serupa. Namun, sesuai yang mereka gaungkan, kini proses perpindahan gigi dibantu perangkat elektronik canggih ala motor balap. Boleh dibilang hal ini membuatnya berhasil menyandang status sport fairing seperempat liter dua piston terlengkap. Sebab tak satupun rival sanggup menawarkan assist dan slipper clutch.

 

Terakhir, trim SP Quick Shifter dibanderol Rp 3 jutaan lebih mahal. Tepatnya Rp 76,7 juta – Rp 77,7 juta. Satu-satunya pembeda dari SP standar hanyalah perangkat pemindah gigi cepat. Untuk informasi saja, penggunaannya cukup fleksibel. Bisa diaktifkan untuk upshift atau downshift saja, dinyalakan keduanya, atau bahkan dimatikan sama sekali.

 


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm